Kartu Layanan Pemeliharaan Jasa Lingkungan 

Kartu LPJL

Untuk memperoleh informasi mengenai dampak pandemi Covid-19 di Raja Ampat, harap kunjungi ‘Tetap Aman dari Covid-19 di Raja Ampat‘.

Kartu Layanan Pemeliharaan Jasa Lingkungan (LPJL) adalah sejumlah biaya yang dibebankan kepada pengunjung yang memasuki Kawasan Konservasi Perairan (KKP) Kepulauan Raja Ampat* yang luasannya mencakup lebih dari 2 juta hektar, dan terdiri atas beberapa KKP yang membentuk suatu jejaring terintegrasi.

Dana yang diperoleh dari LPJL dikelola langsung oleh Badan Layanan Umum Daerah Unit Pelaksana Teknis Daerah (BLUD UPTD) Pengelolaan KKP Kepulauan Raja Ampat sebagai otoritas pengelola kawasan.

Dana tersebut dipergunakan untuk menjalankan upaya-upaya pengelolaan dan pengawasan yang bertujuan untuk mempertahankan atau meningkatkan kualitas dari lingkungan kelautan di Raja Ampat, serta menunjang pendapatan masyarakat lokal melalui pengelolaan sumber daya alam hayati kelautan secara berkelanjutan.

Dengan membayar LPJL, setiap pengunjung berkontribusi secara langsung terhadap upaya-upaya perlindungan dan pengelolaan berkelanjutan terhadap lingkungan kelautan Raja Ampat yang unik.

*Menurut Peraturan Gubernur Papua Barat Nomor 4 Tahun 2019 tentang Tarif Pemeliharaan Jasa Lingkungan BLUD UPTD Pengelolaan KKP Kep. Raja Ampat.


Saatnya ambil bagian untuk melindungi Raja Ampat

Sebelum memasuki Kawasan Konservasi Perairan (KKP) Kepulauan Raja Ampat semua pengunjung harus membayar Layanan Pemeliharaan Jasa Lingkungan (LPJL) sebagai izin masuk kawasan.

Memasuki KKP Kepulauan Raja Ampat tanpa membayar LPJL merupakan pelanggaran terhadap peraturan yang berlaku, dan dapat dikenakan sanksi berupa pengusiran dari kawasan oleh otoritas pengelola.

  • Pengunjung Mancanegara: Rp 700.000
  • Pengunjung Domestik dan KITAP: Rp 425.000
  • Anak-anak berusia dibawah 12 tahun tidak perlu membayar LPJL.
  • Semua izin masuk berlaku selama 12 bulan yang dihitung semenjak tanggal pembelian.

Anda harus membeli kartu LPJL Anda di salah satu lokasi berikut SEBELUM memasuki KKP Kepulauan Raja Ampat.

Di mana membeli kartu LPJL Anda?

Mohon dicatat bahwa untuk sekarang ini Kawasan Konservasi Perairan (KKP) Kepulauan Raja Ampat baru dibuka, dan hanya untuk, aktivitas pariwisata berskala domestik.

Pelabuhan Perikanan / Bintang Marina, Sorong

Jam: 8am – 4pm

Raja Ampat Marine Park Entry Card Office Sorong - Bintang Marina 500px

Kantor BLUD UPTD Raja Ampat, Waisai

Selama jam kerja

Hubungi Kami

Kartu LPJL tersebut dapat dibeli dengan mengontak kami secara langsung . Untuk pembelian kartu LPJL, mohon menghubungi kami via aplikasi Whatsapp di nomor +62-821-3405-9338 atau dengan mengisi formulir ini.

9 + 1 =

Copyright © BLUD UPTD Pengelolaan Kawasan Konservasi Perairan Kepulauan Raja Ampat